Advertise Box

5 Alasan Android Mampu Ciptakan Bisnis Sehat

Anda yang membutuhkan teknologi dalam sebuah smartphone, Android-lah jawaban yang paling tepat. Dalam perkembangan mobile technology, Android boleh disebut sebagai pemula namun dengan label yang pernah melekat itu justru Android di bawah tim kuat Google telah mendominasi mobile OS. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi, pastinya adalah tentang kepuasan user. Ketika calon pembeli telah menentukan pilihan sebuah smartphone, maka dua hal yang akan muncul setelahnya adalah rasa puas atau kecewa dengan yang telah ia pilih. Android, dalam hal ini tidak meninggalkan kesan yang buruk bagi mereka yang telah memilih dan menggunakannya.

Namun bagaimana jika dilihat dari sisi bisnis? Apa alasan yang menginspirasi Amazon, misalnya, untuk turut bergabung di dunia Android dengan mengeluarkan Android tablet dan Android App Store. Padahal, Anda tahu sebelumnya Amazon hanya berbisnis di online store. Berikut 5 alasan yang membuat Android menjadi pilihan tepat bagi dunia bisnis:



1. Fleksibel
Kekuatan utam dari Android yang tidak dipunyai mobile OS lain adalah pilihan yang ditawarkan pada penggunanya. Hal ini tentu saja baik dilihat dari segi bisnis. Sisi merek, misalnya. Banyak yang bisa dipilih mulai dari HTC, Samsung, Motorola, Sony Ericsson sampai Huawei dan ZTE .Di Amerika, sebagian besar ponsel dirilis melalui carrier penyedia layanan jaringan seluler baik GSM maupun CDMA. Dan ketika Android bisa ditemukan dalam beragam merek, spesifikasi dan cerrier yang memasarkannya, maka itu menjadi peluang bisnis yang sangat baik di dunia smartphone. Hal tersebut berarti juga bahwa tiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan ponsel Android sesuai keinginan dengan dana yang ia punya. Dengan kata lain, metode  bisnis satu merek dan satu model ponsel tidak akan mampu memenuhi keinginan publik yang beragam.

2. Aplikasi
Saat Apple dengan segala kebijakannya membatasi aplikasi yang masuk ke Apple App Store, sebaliknya Android Market bekerja dengan sistem kapitalisme. Developer diberi kebebasan untuk menciptakan aplikasi seperti yang diinginkan user. Selain itu, Google melalui Android Market juga menciptakan bisnis aplikasi bagi para developer sehingga Android Market saat ini memiliki koleksi aplikasi beragam mulai dari yang gratis sampai yang berharga puluhan dolar.

3. Permintaan
Bukan saja Android disediakan dalam beragam merek dan harga, namun adanya kebebasan kustomisasi dengan custom ROM dan widgets semakin mengukuhkan Android sebagai OS yang bisa didesain sesuai permintaan user. Apalagi untuk urusan multitasking, Android juaranya. Adanya support Flash yang telah lama ada di Android juga menjadi keistimewaan mengingat 80% dari konten web dijalankan dengan Flash. Jika user terpuaskan dengan fitur tersebut, pastinya tidak ada alasan bagi pelaku bisnis untuk menolak keberadaan Android. Karena itulah semakin banyak saja OEM yang turut bergabung dalam Android dan menciptakan varian baru dari ponsel/tablet Android.

4. Security
Tidak satupun mobile OS yang memiliki sistem keamanan paling sempurna. Namun mengingat Android dibangun berdasar Linux, Anda bisa yakin akan security system yang ada padanya. Linux sebagai salah satu open source OS memiliki built-on security yang tidak perlu diragukan, demikian pula Android. Sebagai contoh, Android memisahkan satu aplikasi dengan aplikasi lain. Selain itu aplikasi tersebut juga disertai permission yang mengatur apa yang boleh/tidak boleh dilakukan. Hal ini menjadi penting karena user akan tahu apa yang harus dilakukan ketika menemui sebuah aplikasi saat akan diisnstall terindikasi sebagai malware. Label Open Source yang melekat pada Linux juga berarti bahwa komunitas develepor di seluruh penjuru dunia dan user memiliki hak untuk mengawasi dan meningkatkan security system. Dengan kata lain security system tidak memerlukan agenda tahunan untukdiperbaiki, melainkan harus diawasi dan ditingkatkan setiap waktu.

5. Harga
Lagi-lagi kompetisi antar produsen ponsel/tablet Android menguntungkan user. Semakin beragamnya handset Android yang ada di pasaran semakin menekan harga karena persaingan bukan hanya dari segi spesifikasi ponsel/tablet tapi juga harga. Dari sisi bisnis pastinya persaingan harga itu adalah satu hal yang baik karena produsen akan semakin kreatif untuk menciptakan Android handsets dengan harga terjangkau.

Nah, dari lima alasan di atas sekarang Anda tahu kenapa Android saat ini ada di setiap penjuru dunia dan banyak produsen yang berlomba-lomba beralih memproduksi Android handsets. Yup, karena bisnis Android memang sangat menguntungkan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers