Advertise Box

Power Meter Google Ternyata Kurang Diminati

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghematan energi, Google meluncurkan sebuah software bernama Google PowerMeter pada bulan Oktober 2009. Software ini memungkinkan pengguna untuk memonitor jumlah konsumsi energi di rumah secara semi real-time. Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan oleh Google, akses menuju informasi seperti ini membantu pengguna dalam menghemat konsumsi energi hingga 15%.

Beberapa tahun belakangan ini, topik pelestarian lingkungan dan penghematan energi telah menjadi fokus masyarakat dan pemerintah di negara-negara maju. Dari penggunaan material daur ulang hingga sumber energi alternatif, seperti sinar matahari dan angin, telah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sayangnya, Google tidak melihat adanya peningkatan penggunaan PowerMeter yang sesuai dengan keinginan mereka.



Melihat kenyataan tersebut, Google mengumumkan akan menghentikan layanan dan penyediaan software Google PowerMeter secara efektif per tanggal 16 September mendatang. Pihak Google menjelaskan bahwa para penggunanya tetap dapat mengakses data informasi penggunaan energi melalui akun masing-masing. Pengguna bahkan dapat men-download data-data tersebut ke dalam format CSV (Comma Separated Values).

Walaupun tidak mengalami peningkatan yang signifikan untuk melanjutkan proyek PowerMeter, Google tetap merasa bangga dengan inovasinya tersebut. Sejak peluncurannya di tahun 2009, kesadaran terhadap pentingnya memonitor konsumsi energi terus meningkat. Jumlah penggunaan perangkat smart meter untuk memonitor konsumsi listrik di rumah semakin meningkat. Bahkan beberapa negara bagian di Amerika Serikat mulai mengeluarkan program dan kebijakan seputar penggunaan software pemantau konsumsi energi di rumah.

Penghentian proyek Google PowerMeter tampaknya hanya menandakan berakhirnya masa hidup sebuah software. Namun, setidaknya software tersebut telah meninggalkan motivasi dan meningkatkan kesadaran pemerintah dan masyarakat terhadap pentingnya memonitor jumlah konsumsi energi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers