Advertise Box

Z80 Simulator Tutorial

Apakah anda guru yang mengajarkan mata pelajaran sistem mikroprosesor? Atau siswa yang sedang mempelajari mikroprosesor Z80? Walaupun mikroprosesor saat ini tidak sepopuler mikrokontroler, tetap saja mikroprosesor adalah dasar untuk memahami jeroan mikrokontroler. Mungkin, anda masih sulit mendapatkan trainer z80 untuk keperluan praktik Anda. Jangan khawatir, masih ada simulator mikroprosesor z80 yang dapat membantu anda melatih anda atau siswa anda. Contohnya adalah Z80Simulator IDE. Untuk mendapatkan software Z80 simultor dapat anda unduh (download) versi trial-nya di www.oshonsoft.com . Kalo mau Full Juga gak apaa2 Aku sediain Linknya di bawah Kug Gak Trial hohoho Nama software tersebut adalah Z80Simulator IDE.
Nah, sekarang kita akan membahas sedikit tentang software ini. Setelah kita install , kita jalankan prorgam Z80Simulator IDE tersebut, lalu akan muncul tampilan seperti berikut ini.
1. MAIN WINDOW :
Main Window dari Z80 adalah jendela utama pada program simulasi z80.
Dari sini kita memulai program, kemudian memanggil Assembler Editor, Simulation Log Viewer, Memory Editor dll.
Untuk mengisi program gunakan menu File > load program
Untuk Melakukan simulasi gunakan menu Simulation > Start (memulai) atau Stop (menghentikan)
Untuk menghapus memori gunakan FILE > clear memory
Untuk memanggil Assembler gunakan menu Tools > Assembler
Untuk memanggil Simulation Log Viewer gunakan menu Tools > Simulation Log Viewer.


2. ASSEMBLER EDITOR:
Assembeler Editor adalah editor yang kita gunakan untuk menuliskan program. Setelah program ditulis dan disimpan, maka pada toolbar Tools > Assemble > kita dapat melakukan compile untuk mengetahui apakah terdapat error atau esalahan sintaks pada program yang telah kita buat, jika tidak, maka program yang telah kita buat diterjemahkan ke dalam bentuk Object atau ekstensi .obj. bentuk objek inilah yang akan digunakan simulator untuk melakukan simulasi.

Simpan hasil program anda agar dapat digunakan kembali suatu saat. Jendela assembler juga menampilkan terjemahan program ke dalam bentuk heksadesimal. Untuk lebih jelasnya lihat gambar
3. SIMULATION LOG VIEWER
Simulation Log Viewer adalah layar yang menampilkan apa yang terjadi pada register dan program counter setiap baris program yang dieksekusi. Dengan melihat jendela ini kita seolah-olah dapat “melihat” bagaimana prosesor bekerja.

4. MEMORY EDITOR
Memory Editor menampilkan isi dari tiap-tiap alamat pada memori.
Tentunya anda harus menguasai terlebuh dahulu bahasa assembly untuk mikropresosr Z8O agar software in dapat anda pakai. heheheheeee

Owh Yaw Tambahan nich bila anda mengistal program ini di Wind*ws 7 Maka Anda harus menginstalnya di Luar Local Disk C:. Mengapa begitu??? Karena Local disk C terproteksi dengan sistem UAC Sehingga program ini membutuhkan administrator account untuk menjalankannya, Biar Mudah install aja Di Disk D:
DOWNLOAD Z80 Simulator IDE 9.81 Full
Setelah di install di pach yaw biar trialnya ilang, Happy Simulation with Zilog 80
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Followers